REKMED Jarkom Tugas 04 – Kerangka Paper FIKI 2015
Author: arika.ermawati | Filed under: UncategorizedAPLIKASI PELAYANAN KESEHATAN ONLINE BERBASIS WEB DAN ANDROID
A. LATAR BELAKANG
Pelayanan di bidang kesehatan merupakan salah satu bentuk pelayanan yang paling banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Salah satu sarana pelayanan kesehatan yang mempunyai peran sangat penting dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat adalah rumah sakit.
Sering kita berhadapan dengan layanan kesehatan khususnya ketika kita berkunjung ke rumah sakit. Layanan yang mudah, cepat, dan efisien menjadi dambaan semua pasien. Tetapi kita masih selalu dihadapkan dengan kondisi pelayanan rumah sakit yang rumit, lamban, dan cenderung tidak efisien; terutama untuk masyarakat di daerah terpencil di mana akses pelayanan kesehatannya sangat terbatas. Hal ini membuat tingkat kepuasan pasien terhadap layanan rumah sakit terbilang masih rendah. Kondisi ini seharusnya menjadi peringatan bagi rumah sakit untuk selalu meningkatkan kualitas dan inovasi sistem layanan. Sistem konvensional selama ini belum sepenuhnya memberikan kepastian layanan serta keseimbangan hak dan kewajiban antara pasien dan penyedia layanan kesehatan. Oleh sebab itu inovasi layanan rumah sakit perlu dibangun kearah peningkatkan kualitas dan kemudahan akses pelayanan kesehatan khususnya di daerah terpencil. Tidak mengherankan apabila sarana pelayanan kesehatan perlu untuk selalu dibenahi agar bisa memberikan pelayanan kesehatan yang optimal untuk masyarakat. Pelayanan kesehatan yang dimaksud adalah pelayanan yang cepat, tepat, murah, dan ramah. Mengingat bahwa sebuah negara akan bisa menjalankan pembangunan dengan baik apabila didukung oleh masyarakat yang sehat secara jasmani dan rohani.
Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat telah merambah ke berbagai sektor termasuk kesehatan. Meskipun dunia kesehatan merupakan bidang yang bersifat information-intensive, akan tetapi adopsi teknologi informasi masih kurang dikembangkan.
Di tengah tuntutan peningkatan kualitas layanan kesehatan serta perkembangan teknologi informasi, sebuah inovasi pelayanan telah melahirkan sistem layanan baru yang kian mendekatkan akses kepada masyarakat sehingga penyelenggaraan pelayanan pasien dapat lebih cepat, mudah, dan efisien. Untuk itu muncul inovasi “Aplikasi Pelayanan Kesehatan Online Berbasis Web dan Android”, yang memudahkan masyarakat dalam mendapat pelayanan kesehatan, misalnya: pendaftaran pasien secara online, konsultasi online, mencatat & monitoring, serta promosi kesehatan, dan lain-lain, yang tentunya mudah diakses oleh masyarakat. Melalui penerapan inovasi ini, menjadikan pelayanan menjadi lebih transparan, akuntabel, dan sekaligus mendekatkan akses layanan kesehatan bagi masyarakat secara cepat, murah, dan mudah.
B.RUMUSAN MASALAH
Dari uraian latar belakang dapat dirumuskan beberapa masalah yang ada seperti:
- Bagaimana kondisi pelayanan kesehatan saat ini?
- Bagaimanakah cara untuk memberikan kemudahan akses pelayanan kesehatan khususnya di daerah yang jauh dari sarana pelayanan kesehatan?
- Bagaimana cara untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan agar cepat, mudah, dan efisien?
C. BATASAN MASALAH
Berdasarkan uraian rumusan masalah, hanya membatasi masalah pada:
- Aplikasi pelayanan kesehatan online yang mudah, cepat, dan efisien
- Mengenalkan aplikasi pelayanan kesehatan online rumah sakit yang berbasis web dan android yang dapat diakses melalui komputer dan ponsel pintar
- Manfaat dan cara penggunaan (memperoleh) dari aplikasi pelayanan kesehatan online berbasis web dan android
- Cara untuk mempromosikan kesehatan
D. SOLUSI
Pada era globalisasi ini tentunya masyarakat tidak begitu asing dengan ponsel pintar atau smartphone, dari tahun ke tahun jumlah pengguna smartphone semakin meningkat karena memiliki fitur yang canggih dan tentunya mudah didapat dan harganya pun mudah dijangkau, maka dari itu, dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat diterapkan inovasi terbaru dalam mendapatkan pelayanan kesehatan, yaitu sebuah aplikasi pelayanan kesehatan online di rumah sakit yang berbasis web dan android yang dapat diakses melalui komputer dan ponsel pintar, termasuk tablet, dan sejenisnya. Dengan aplikasi tersebut masyarakat dapat mendapatkan pelayanan secara online di sebuah rumah sakit dengan lebih cepat, mudah, dan efisien. Selain itu aplikasi ini juga membantu tenaga medis professional dalam memenuhi kebutuhan layanan kesehatan, bahkan bagi pasien yang berada di tempat terpencil, memungkinkan tersedianya rumah sakit digital untuk layanan kesehatan. Sistem ini menghadirkan manfaat yang lebih besar tidak hanya bagi penyedia layanan kesehatan namun juga bagi masyarakat. Dengan memanfaatkan inovasi dari teknologi dan informasi, semua orang di setiap wilayah negara ini akan memiliki akses yang sama kepada layanan kesehatan yang berkualitas, aman, dan profesional.
Sistem aplikasi layanan online ini dapat dimanfaatkan untuk:
- Melakukan pendaftaran pasien rawat jalan atau rawat darurat secara online. Jadi pasien tidak perlu mengantri di loket pendaftaran, dan dapat juga digunakan untuk mengecek jumlah pasien yang mendaftar di sebuah klinik yang dituju, dan apabila pasien dalam kondisi darurat, misalnya: terjadi kecelakaan aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan.
- Sistem aplikasi untuk rawat inap menyediakan informasi mengenai status ketersediaan fasilitas rawat inap serta informasi pasien, yang dapat diakses dengan segera dan mencakup status dari fasilitas rawat inap.
- Menyediakan layanan kesehatan untuk masyarakat akibat hambatan geografis misalnya di daerah terpencil, di mana akses layanan kesehatan bermutu tinggi yang sangat terbatas, tetapi kini dengan diterapkan aplikasi ini dapat berkomunikasi dan memperoleh layanan kesehatan langsung dari tenaga medis professional yang berada di lain pulau, tanpa harus melakukan perjalanan jarak jauh. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur video, sehingga pasien dapat berinteraksi dengan tenaga medis secara langsung.
- Data medis adalah milik pasien. Sehingga pasien memiliki hak untuk mengetahui data rekam medisnya. Dengan sistem aplikasi ini data riwayat kesehatan dari pasien tersebut akan disimpan di sebuah database terpusat yang terhubung dan dapat diakses oleh sejumlah penyedia layanan kesehatan (tenaga medis) yang berbeda. Solusi ini menjamin keselamatan pasien, karena data medis yang sama dapat diakses oleh tenaga medis professional yang berbeda sebagai dasar dalam memberikan layanan kesehatan yang diperlukan pasien tersebut. Solusi ini juga sangat membantu bagi pasien dengan mobilitas tinggi, sehingga mereka dapat memperoleh layanan kesehatan yang memadai di berbagai rumah sakit yang berbeda tanpa ada kekhawatiran akan memperoleh diagnosa yang keliru. Sistem pada aplikasi ini mampu menyimpan seluruh data tindakan medis yang pernah dijalani oleh pasien bersangkutan termasuk data visual, misalnya: foto USG, EKG/MRI, dan lain-lain. Sistem ini memiliki prosedur keamanan, berupa password yang tentunya hanya bisa diketahui oleh pasienyang berhak sehingga tidak memugkinkan untuk penyalahgunaan data medis oleh pihak yang tidak berhak.
- Aplikasi ini juga dilengkapi dengan promosi kesehatan dari pihak rumah sakit serta konsultasi online tentang masalah kesehatan. Sehingga dengan jarak yang tidak dekat pihak penyedia layanan kesehatan dalam hal ini rumah sakit dapat melakukan kegiatan promosi kesehatan kepada seluruh masyarakat di mana pun terutama di daerah terpencil melalui aplikasi ini.
E. LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN SOLUSI
Agar seluruh masyarakat mengetahui adanya “Apilkasi Pelayanan Kesehatan Online Berbasis Web dan Android” di rumah sakit, diadakan sosialisasi kepada masyarakat tentang manfaat dan cara penggunaan aplikasi ini, sehingga untuk masyarakat yang bertempat tinggal jauh dari rumah sakit atau fasilitas pelayanan kesehatan, sistem ini dapat dijadikan sebagai pilihan alternatif dalam mendapatkan akses pelayanan kesehatan secara lebih mudah dan efektif. Untuk mendapatkan aplikasi ini, masyarakat harus mendaftar dahulu ke rumah sakit yang dituju demi keamanan akses data medis agar tidak mudah diakses oleh orang yang tidak berhak. Dari pihak rumah sakit akan memberikan sebuah password yang tentunya hanya bisa diakses oleh pasien atau pihak yang berhak. Setelah mendapat software aplikasi ini masyarakat harus meng-instal, dan untuk bisa mengakses layanan tersebut harus melakukan login terlebih dahulu dengan menggunakan password yang telah diberikan oleh pihak rumah sakit, dan setelahnya apabila pasien ingin berobat ke rumah sakit tersebut, dapat memanfaatkan aplikasi ini secara online.
Leave a Reply